Jalur, Kuota dan Seleksi

a. Jalur Afirmasi (KETM) Dan ABK Kuota 20%
1) Jalur afirmasi merupakan PPDB yang ditujukan bagi Calon Peserta Didik dari keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) dan Anak Berkebutuhan Khusus;
2) Jalur afirmasi KETM dibuktikan dengan kepemilikan dokumen program penanganan keluarga ekonomi tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah seperti:
a) Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau
b) Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
c) Kartu Pra Sejahtera (KPS), atau
d) Kartu Indonesia Sehat (KIS), atau
3) Kartu penanggulangan kemiskinan lainnya sesuai program pemerintah pusat atau daerah
4) Seleksi jalur afirmasi dengan menghitung jarak domisili Calon Peserta Didik ke sekolah yang dituju hingga batas kuota 20%.
5) Jika kuota jalur afirmasi tidak terpenuhi, kuota dilimpahkan kepada jalur prestasi nilai rapor unggulan/kelas industri
b. Jalur Prioritas Terdekat 10%
1) Jalur PPDB prioritas terdekat merupakan jalur PPDB yang disediakan bagi Calon Peserta Didik dalam zonasi yang sama dengan lokasi SMK Negeri 9 Kota Bekasi.
2) Kuota jalur prioritas terdekat dapat digunakan bagi Calon Peserta Didik  yang berdomisili dalam zonasi yang sama dengan sekolah yang dituju.
3) Prioritas terdekat dibuktikan dengan kartu keluarga dan surat keterangan domisili.
4) Kuota jalur prioritas terdekat maksimal sebesar 10% dari keseluruhan Calon Peserta Didik yang diterima.
5) Kriteria jalur prioritas terdekat diatur dalam ketentuan yang ditetapkan satuan pendidikan sebagai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
6) Seleksi jalur prioritas terdekat dengan mempertimbangkan:
a. Domisili Calon Peserta Didik pada zona yang sama dengan sekolah yang dituju;
b. Jarak terdekat dari domisili ke sekolah; dan
c. usia Calon Peserta Didik
c. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Dan/Atau Anak Guru Kuota 5%
1) Jalur PPDB perpindahan tugas orang tua merupakan jalur PPDB yang disediakan bagi Calon Peserta Didik yang berdomisili mengikuti perpindahan tempat tugas orang tua.
2) Kuota jalur perpindahan orang tua dapat digunakan bagi Calon Peserta Didik dari guru/tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berdomisili dalam zonasi yang sama dengan sekolah yang dituju.
3) Perpindahan orang tua dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi / lembaga / kantor atau perusahaan yang memberi tugas.
4) Calon Peserta Didik anak guru/tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dibuktikan dengan surat penugasan dari pimpinan lembaga tempat bertugas orang tua Calon Peserta Didik.
5) Kuota jalur perpindahan maksimal sebesar 5% dari keseluruhan Calon Peserta Didik yang diterima.
6) Perpindahan tugas orang tua pada tempat bertugas, paling lama telah bertugas tiga (3) tahun.
7) Kriteria jalur perpindahan orangtua/anak guru diatur dalam ketentuan yang ditetapkan satuan pendidikan sebagai implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
8) Seleksi jalur perpindahan dengan mempertimbangkan:
a. Domisili pada penugasan orang tua Calon Peserta Didik pada kota/kabupaten/wilayah atau provinsi yang sama dengan sekolah yang dituju;
b. Jarak terdekat dari domisili ke sekolah; dan
c. usia Calon Peserta Didik
d. Jalur Prestasi (Nilai Akademik Rapor Unggulan/Industri Kuota 35%, Jalur Prestasi Akademik Nilai Rapor Umum Kuota 25%, Jalur Prestasi Kejuaraan Dari Perlombaan Kuota 5%)
Jalur prestasi meliputi prestasi akademik nilai akademik rapor dan prestasi kejuaraan. Prestasi nilai rapor dibedakan menjadi nilai rapor unggulan/kelas industri dan nilai rapor umum.

1. Nilai Akademik Rapor Unggulan/Industri.

a. Pendaftaran pada tahap ke satu
b. Kuota 35%
c. Diseleksi oleh sekolah, hasil seleksi dilaporkan ke Disdik untuk diunggah ke sistem PPDB
d. Seleksi menggunakan pemeringkatan akumulasi nilai rapor SMP/MTs, atau sederajat pada semester satu (1) sampai dengan semester lima (5) mata pelajaran kelompok A, serta memenuhi persyaratan khusus dan nilai minimal rata-rata mata pelajaran yang menjadi tuntutan dari masing-masing jenis bidang keakhlian
e. Hasil seleksi merupakan hasil pemeringkatan nilai dan memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan setiap program keahlian/kompetensi keahlian sampai batas kuota.
f. Calon Peserta Didik yang tidak diterima pada jalur prestasi nilai akademik rapor unggulan/industri dapat mendaftar Kembali pada jalur prestasi nilai akademik rapor umum pada tahap kedua.

2. Jalur Prestasi Akademik Nilai Rapor Umum.

a) Pendaftaran pada tahap ke dua .
b) Besar kuota 20 % dari daya tampung total.
c) Diseleksi oleh sekolah, hasil seleksi dilaporkan ke Disdik untuk diunggah ke sistem PPDB.
d) Seleksi dengan pemeringkatan akumulasi nilai rapor SMP/MTs atau sederajat, yang dibuktikan dengan dokumen nilai rapor semester satu (1) sampai dengan semester lima (5) dari mata pelajaran kelompok A.
e) Mata pelajaran kelompok A, merupakan mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat, meliputi: (1) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3) Bahasa Indonesia (4) Matematika (5) Ilmu Pengetahuan Alam (6) Ilmu Pengetahuan Sosial (7) Bahasa Inggris
f) Calon Peserta Didik yang diterima merupakan hasil pemeringkatan hingga batas kuota yang ditetapkan.

3. Jalur Prestasi Kejuaraan Dari Perlombaan.

Jalur prestasi kejuaraan dari perlombaan merupakan jalur PPDB menggunakan seleksi berdasarkan nilai yang diberikan kepada Calon Peserta Didik karena memiliki prestasi yang diperolehnya pada jenjang pendidikan SMP/MTs atau yang sederajat dengan kuota 5% dari total kuota daya tampung sekolah, dengan ketentuan:
1) Pendaftaran pada tahap ke satu
2) Satuan pendidikan melakukan persiapan pelaksanaan jalur prestasi dengan tahapan : (1) Menetapkan jenis prestasi perlombaan yang dapat diterima untuk dibina dan dikembangkan sesuai program satuan pendidikan; (2) menetapkan kuota untuk masing jenis prestasi perlombaan, jika jenis prestasi perlombaan yang akan diterima lebih dari satu jenis.; (3) menetapkan rumusan kriteria, penskoran, dan pengolahan nilai prestasi perlombaan; (4) menyusun Pedoman Operasional Standar (POS) jalur prestasi perlombaan; (5) melaporkan kepada Cabang Dinas Pendidikan untuk diteruskan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat data sebagaimana dijelaskan pada angka (4) sampai dengan (3) untuk diinput pada aplikasi sistem PPDB.
3) Juara 1, 2, 3 tingkat Internasional dan Nasional berjenjang dapat langsung diterima;
4) Jika jumlah Calon Peserta Didik sebagaimana dijelaskan no c) melebihi kuota jalur prestasi perlombaan, Calon Peserta Didik akan diperingkat berdasarkan skor sebagaimana terlampir dalam petunjuk teknis, hingga batas kuota;
5) Nilai kejuaraan selain pada huruf c), akan diberikan penilaian berdasarkan penskoran sebagaimana terlampir.
6) Kejuaraan yang dinilai harus memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) kejuaraan hanya diperhitungkan dari salah satu jenis prestasi / cabang kejuaraan yang diperoleh. (2) kejuaraan diperoleh selama menjadi siswa SMP/MTs atau sederajat maksimal tiga (3) tahun, minimal enam (6) bulan pada saat pendaftaran dengan kejuaraan yang diutamakan dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Agama secara berjenjang.
7) Bidang prestasi yang diprioritaskan di SMKN 9 Kota Bekasi adalah sebagai berikut : Pencak Silat, Taekwondo, Karate, Renang, Seni Musik Dan Seni Tari. tapi tidak menutup kemungkinan bagi bidang lainnya lolos tahap seleksi penerimaan.