Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Jadi, DKV ini bisa disebut adalah perpaduan seni desain tradisional yang menggunakan pensil dan kertas dengan teknologi digital.

Lantas, apa saja kegunaan dari mempelajari dan menguasai Desain Komunikasi Visual ini? DKV dapat menjadi sarana identifikasi. Dengan membuat desain tentang seseorang atau sebuah produk, maka akan membuatnya menjadi lebih mudah dikenali. Terlebih bagi produk yang dijual, akan lebih mudah untuk dikenali dan menarik minat konsumen. Kemudian yang kedua adalah sebagai sarana instruksi dan informasi. Sebagai sarana instruksi dan informasi, desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal lainnya dalam petunjuk, arah, skala, dan posisi. Kemudian fungsi lainnya adalah sebagai sarana promosi dan presentasi. Tujuan dari DKV adalah untuk menyampaikan pesan, mendapat perhatian (atensi) secara visual sehingga mudah diingat.

Sejarah Singkat SMK Negeri 9 Kota Bekasi

SMK Negeri 9 Kota Bekasi didirikan pada tahun 2011 dengan rekomendasi pendirian dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi nomor 421/Kep.1190.Dik.2 tertanggal 21 April 2011 dengan nama USB SMK Negeri 9 Kota Bekasi, sebagai sekolah di bawah kendali instruksi dari SMK Negeri 1 Kota Bekasi.

Pada saat berdirinya USB SMKN 9 Kota Bekasi, membuka jurusan DKV dan Perbankan dengan 4 rombel dan menumpang di SDN Pekayon Jaya V di Jl. Damar Bekasi Selatan Selanjutnya pada tahun 2014 status USB SMK Negeri 9 resmi menjadi SMK Negeri berdasarkan Surat Keputusan Walikota Nomor  421/Kep.823-Disdik/VI/2014.

Pada tahun 2014, SMK Negeri 9 Kota Bekasi mendapatkan Akreditasi dengan hasil Memuaskan (A) berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP-S/M nomor 02.00/313/BAP-SM/SK/X/2014 tertanggal 15 Oktober 2014. SMK Negeri 9 beralamat di Jl. Cikunir Raya Gg. H. Abbas RT 01/RW 02 Kelurahan Jakamulya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi kode pos 17146 nomer telpon (021) 82436175

Selayang pandang Jurusan DKV SMK Negeri 9 Kota Bekasi

Kompetensi Keahlian Desain komunikasi visual di SMK Negeri 9 Kota Bekasi merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Kota Bekasi. Dengan keterbatasan ruangan dan sarana prasarana yang ada, perlahan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual mulai mengembangkan diri.  Dimulai dari pembelian perangkat desain berupa komputer, perangkat fotografi, studio foto, hingga mesin cetak.

Pada saat ini sudah memiliki ruang RPS (Ruang Praktik Siswa) dan ruang studio foto,  

Setiap akhir semester ganjil, peserta didik kelas XII selalu mengadakan acara pameran karya seni rupa/bazar seni yang digelar di SMKN 9Kota Bekasi.

Beberapa peserta didik meraih kejuaraan dalam berbagai perlombaan di bidang DKV baik secara lokal maupun nasional.

Visi dan Misi Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual SMKN 9 Kota Bekasi

Visi :

Menjadikan peserta didik yang unggul, kreatif, berkarakter, dan berkompeten di bidang Desain Komunikasi Visual yang bertumpu pada budaya Indonesia.

Misi :

  • Mengembangkan keilmuan dan SDM di bidang Keahlian Desain Komunikasi Visual.
  • Melaksanakan program pendidikan berkarakter yang kreatif, dan inovatif dengan bertumpu pada eksplorasi budaya visual Nusantara dengan metode pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem salving).
  • Melaksanakan pengembangan keahlian di industri bidang desain komunikasi visual.

Tujuan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual 

Menghasilkan tamatan yang mempunyai keunggulan kompetitif untuk menjadi desainer graphic dan photografer, berakhlak mulia yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha/ dunia industri

  • Mendidik peserta diklat dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang kompetensi keahlian Desain komunikasi Visual agar dapat bekerja baik secara mandiri dan kompetitif atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri maupun menciptakan dunia usaha secara mandiri
  • Mendidik peserta diklat agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual.
  • Membentuk peserta didik yang kreatif dan kompetitif di bidang Desain Komunikasi Visual dalam persaingan global.
  • Membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang terampil, mandiri, profesional, berdaya saing global dan unggul dalam Dunia Usaha/Dunia Industri.

Lingkup pekerjaan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual

  • Gambar dan sketsa
  • Melaksanakan Fotografi
  • Komputer grafis ( mendesain)
  • Melaksanakan videografi

Alat Praktik Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual

  1. Pensil/bolpoin
  2. Kertas gambar
  3. Pewarna/cat
  4. PC Server
  5. PC Lenovo
  6. scaner
  7. Camera Canon 7 D
  8. Camera Canon 60 D
  9. Camera Canon 500 D
  10. Camera Canon 600 D
  11. Camera Canon 750 D
  12. Kamera GoPRO
  13. Kamera HD Panasonic
  14. Tripod
  15. Triger
  16. Lensa Fix 50mm
  17. Flash Canon/godog
  18. wacom
  19. Berbagai lensa kamera digital
  20. printer
  21. panel pameran
  22. lampu sorot pameran
  23. perangkat alat sablon
  24. Drone DJI
  25. Perangkat lunak/shoftware desain (Photoshop, Adobe Ilustrator, CorelDraw)

Praktik Kerja industri

Perwujudan kebijaksanaan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, link and match pada Sekolah Menengah kejuruan (SMK) ialah penyelenggara dimana mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan/proses belajar mengajar, evaluasi hasil belajar sampai pada pemasaran tamatan menjadi tanggung jawab bersama antara SMK dan Industri pasangannya.

Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri adalah penyelenggaraan berdasarkan kurikulum yang disusun atas perpaduan program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di lini produksi Dunia Usaha/Dunia Industri secara terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Adapun MOU yang sudah disahkan dan ditandatangani oleh DU/DI antara lain :

  1. PT. Holomoc Indonesia
  2. Kiki Photo Studio
  3. Photographer Lounge
  4. Laundesign
  5. CV. Puspita Adhi Pratama
  6. PT. Serum

Kunjungan Industri

Selain meningkatkan sarana prasarana, SMK juga dituntut agar siswa-siswi paham pembelajaran di luar sekolah yaitu dengan adanya kegiatan Kunjungan Industri.

Adapun Kunjungan Industri yang sudah dilakukan antara lain ke DKV ITB, DKV Institute Kesenian Jakarta, Museum Batik Jakarta, Museum Seni Rupa, Kaos C59 Bandung, dan sebagainya.

Prestasi

Peserta didik bidang keahlian DKV telah beberapa kali ikut dalam perlombaan di kancah regional maupun nasional, diantaranya adalah :

  • 4 Peserta didik yang dikirim dalam workshop seni rupa yang diadakan oleh Kemendikbud pada tahun 2019, 2 karya menjadi salah satu 15 karya terbaik.
  • Mendapatkan juara2 dalam lomba fotografi yang diadakan oleh Asosiasi Fotografi Indonesia dalam rangka HUT Kota Bekasi Tahun 2020.
Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?
Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [113.03 KB]